MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT
Menurut Daryanto
(2010:163) microsoft office power point merupakan sebuah sofware yang dibuat
untuk dikembangkan oleh perusahaan Microsoft dan merupakan salah satu program
berbasis multimedia. Program power point ini dirancang khusus untuk menyampikan
presentasi yang dilakukan oleh lembaga pendidikan, perusahaan, dan juga
pemerintahan yang dioperasikan oleh individu ataupun kelompok. Media power
point akan menjadi menarik apabila orang yang menggunakan dapat mengolah dengan
kreatifitasnya memadupadankan pengolahan teks, warna, gambar, serta animasi
sesuai subtansi materi atau pokok masalah yang akan dibahas. Pada intinya
program power point terdiri slide yang dapat dikombinasikan dengan teks,
gambar, serta animasi ke dalam background yang telah ditentukan dan dalam power
point ini yang dituliskan adalah point-point materi yang akan disampaikan guru
buka power text, yang dimana point-point tersebut dapat memudahkan guru dalam
menyampaikan materi pengajaran.
Menurut Etin Solihatin
ada beberapa kelebihan dalam menggunakan media power point yaitu:
1. Menyampaian materi dapat diseragamkan
2. Proses pembelajaran menjadi lebih
jelas, menarik, dan interaktif
3. Efisiensi waktu dan tenaga dalam
pembuatan media pembelajaran
Media power point yang efektif
apabila memenuhi syarat sebagai berikut:
1. Tentukan point-point materi yang
tepat untuk menjelaskan materi yang akan disampaikan.
2. Setiap slide diberikan judul dan
membahas satu topik saja. Bila satu kontent masih ada lanjutannya maka dibawah
slide sebelumnya diberi teks “next” atau “Lanjutan”
3. Dalam teks yang ditulis di power
point harus menggunakan salah satu atau dua font, yaitu arial, tahoma, dan
verdana karena dianggap bahwa huruf ini tegak yang tidak akan mengganggu
konsentrasi siswa. Contohnya saja ketika judul sudah menggunakan arial maka
bisa pada kontent dapat menggunakan font verdana atau tahoma.
4. Font size untuk judul 30-40, lalu
font size untuk conten 20-30
5. Dalam satu slide power point termasuk
judul tidak boleh lebih dari 12 baris. Hal ini agar ukuran font tidak terlalu
kecil dan bisa dibaca dan dijangkau oleh peserta didik yang duduk dibelakang.
6. Warna tulisan harus contras dengan
background yang dipakai. Misalnya bila menggunakan backgroun gelap maka warna
tulisan harus menggunakan warna yang terang, dan sebaliknya. Lalu sebaiknya
menghindari warna background yang mempunyai warna gradasi warna dari yang gelap
ke terang, perpaduan warna merah dan orange, warna biru dan hijau, warna biru
dan ungu.
7. Sebaiknya tidak menggunakan bentuk,
gambar, dan animasi yang tidak sesuai dengan konten materi yang akan
dijelaskan. Hal ini untuk menghindari terbaginya konsentrasi siswa untuk
memahami materi yang akan dijelaskan dan Harus juga memperhatikan jarak atau spasi antara teks
satu dengan lainnya, biasanya line spacing yang dipakai dan sesuai yaitu 1,5
spasi dan harus rata kanan kiri.
Slide 1: Slide ini berisi tentang judul materi yang akan dipresentasikan yaitu "Proses Masuk dan Berkembangnya Kebudayaan Hindu-Buddha Di Indonesia". Slide ini menggunakan 2 jenis font yaitu pada judul menggunakan Tahoma ukuran 35 dan kontennta menggunkan jenis verdana ukuran 25. Background yang saya gunakan berwarna putih atau terang , maka dari itu warna tulisan yang saya pakai berwarna gelap yaitu hitam.
slide 2: Slide ini mengjelaskan materi tentang Agama Hindu. Judulnya menggunkan jenis font verdana dengan ukuran 35 sedangkan kontentnya menggunakan font tahoma ukuran 25. Dalam slide ini terdapat 9 line atau baris. Kekurangan slide ini adalah tidak adanya gambar yang mendukung penjelasan materi jadi pada slide ini terkesan monoton dan membosankan.
Slide 3: Slide ini berisi tentang chart teori masuknya Hindu-Buddha di Indonesi. dimana pada slide ini memiliki kekurangan yaitu background yang saya gunakan
berwarna orange cerah dan tulisannya putih sehingga tidak cocok, seharusnya
tulisan yang saya gunakan berwarna gelap atau backgroundnya berwarna lebih
gelap.
Slide 4: Slide ini menampilkan tentang slide hyperlink video tentang materi masuknya Hindu-Buddha di Indonesia. Kesalahan pada slide power point ini terletak pada judul yang tidak usah diberi judul Video
dan Audio, tapi langsung saja judulnya seperti “Proses Masuk dan Berkembangnya
Hindu-Buddha di Indonesia” dan pada tempat kontent bisa dijelaskan “video
dibawah ini menerangkan tentang....”.
Slide 5: Pada slide ini menampilkan tentang link website dari internet yang berkaitan dengan materi yang saya jelaskan. Kesalahan pada slide ini sama halnya yang terjadi pada slide video dan audio yang judulnya seharusnya sama.
Pada keterangan kontent juga belum dicantumkan sumber materi yang digunakan. Jadi media power point yang telah saya buat masih memerlukan perbaikan dan penyempurnaan agar menjadi media yang efektif.
Pada keterangan kontent juga belum dicantumkan sumber materi yang digunakan. Jadi media power point yang telah saya buat masih memerlukan perbaikan dan penyempurnaan agar menjadi media yang efektif.
MEDIA PEMBELAJARAN PREZI
Menurut
Wirawan menyatakan bahwa prezi merupakan sebuah perangkat lunak presentasi yang
berbasis internet, prezi juga digunakan sebagai alat untuk mengeksplorasi dan
berbagi ide di atas kanvas virtual. Program prezi menggunakan ZUI (Zooming User
Interface) yang memungkinkan penggunanya untuk memperbesar maupun memperkecil
media presentasi mereka. Pada prezi teks, gambar, atau video dan media lainnya
ditempatkan di atas kanvas presentasi dan dapat dikelompokan ke dalam
bingkai-bingkai yang telah disediakan.
Muhammad
Embi (2011:129) menyebutkan beberapa kelebihan dari program prezi yaitu:
1. Mempunyai tampilan slide yang beragam
dan menarik.
2. Tidak perlu berpindah slide ke slide
yang lain, jika ingin berpindah maka cukup menekan tombol kanvas besar dalam
tampila sesuai dengan urutan materi
3. Dapat menggabungkan gambar, bunyi,
teks, dan video dalam satu tampilan
4. Memiliki fasilitas zoom in dan zoom
out, yang digunakan untuk memperbesar dan memperkecil objek secara mendetail.
5. Aplikasi prezi dapat dikembangkan
secara online dan offline.
Dalam
pembuatan prezi yang efektif dapat memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
1. Dalam satu slide prezi harus terdapat
judul dan juga kontent yang tidak boleh melebihi 12 baris. Artinya setiap slide
harus satu topic dan terdapat judul, bila ada materi yang belum selesai harus
menggunakan slide lain yang tetap diberi jusul, dan slide sebelumnya harus
diberi teks lanjutan atau next.
2. Satu slide mempunyai dua pilihan
jenis font yaitu antara font arial, verdana, dan tahoma. Dan juga memiliki dua
pilihan untuk menggunakan bold, italic, dan underline. Jadi dalam satu slide
bisa menggunakan font verdana dan tahoma, dan juga bold serta italic, atau
lainnya, artinya memiliki empat kesempatan dalam memodifikasi teks.
3. Dalam pemilihan warna sama halnya
pada power point harus ada kontras. Misalnya background yang digunakan terang
tulisan yang digunakan gelap, dan sebaliknya bila background gelap maka warna
tulisan yang digunakan berwarna terang.
4. Pada prezi juga dapat menggunakan
shape untuk mempermudahkan dalam membaca materi atau memperjelas tulisan atau
kontent yang telah ditulis.
5. Dapat menggunakan gambar, video, atau
animasi tapi harus yang sesuai dengan isi materi agar tidak menganggu
konsentrasi siswa dalam memahami materi.
6. Setiap teks satu dengan teks kedua
harus ada jarak yang sesuai yang biasanya dipakai yaitu 1,5 agar siswa mudah
membaca serta tidak terkesan teks itu saling menyatu dan paragrafnya harus rata
kanan kiri.
Bagian 1: Gambar ini adalah gambar permuaan dari prezi yang telah saya buat. Memang tidak terlalu jelas, pada bagian 1 ini kekurangannya terletak pada penulisan Kompetensi Dasar yang tidak rata kanan kiri, hal ini dikarenakan bila dirata kanan kiri jarak antar kalimat akan sangat jauh. Hal ini dapat diakali dengan penggunkan shape.
Bagian 2: bagian ini menampilkan tentang judul materi yang akan dipresentasikan. Pada judul sudah memadukan warna gelap pada tulisan dengan background yang cerah atau warna-warni. Tapi pada penulisan nama menggunakan warna coklat muda yang kahirnya tidak kontras dengan dengan background.
Bagian 3: bagian ini menerangkan ponit-point tentang agama Hindu. Terdapat 9 baris kalimat. Pada bagian ini kurang efektif diakarenakan tulisannya terlalu kecil serta ada beberapa bagian warna huruf yang menyatu dengan background. Jadi tidak bisa dibaca dengan jelas
Bagian 4: pada bagian ini kekurangannya terdapat pada chart yang ditampilkan, yaitu penggunakan warna shape yang cerah bertemu dengan warna huruf yang cerah juga. Maka dari itu tulisan pada chart tidak bisa dibaca dengan jelas.
Bagian 5: bagian ini terdapat link video tentang materi "Proses Masuk dan Berkembangnya Kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia" yang langsung tersambug pada youtube. Kekurangannya terdapat pada judul yang kurang kata 'Kebudayaan'. Pada bagian ini sudah ada penegasan pada judul yang di bold serta juga kata pengantar tentang kontentnya.
Bagian 6: bagian ini satu kanvas dengan video yang menerangkan pada, yang isinya tentang link website yang isinya berkaitan dengan materi yang dipresentasikan. Judul yang gunakan sudah judul materi bukan judul "Link", Dan sebelum dicantumkan alamat websitenya sudah diberi penjelasan terlebih dahulu.
Bagian 7: bagian itu menampilkan tentang gambar-gambar peninggalan kebudayaan Hindu-Budha yang ada di Indonesia. Pada bagian ini terdapat 3 gambar sekaligus, yang seharusnya satu gambar berada pada satu kanvas agar lebih terlihat besar, dan dapat menjangkau semua peserta didik terutama yang duduk di bagian belakang.
Link Prezi yang telah saya buat:
Sumber:
Wirawan, Arif. 2015. Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Prezi
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Administrasi Kepegawaian. Prosiding
Seminar. Surakarta: UNS
http://eprints.uny.ac.id/15576/1/ful%20skripsi.pdf
0 komentar:
Posting Komentar